Khasiat Sarang Semut Papua Bagi Kesehatan

Sarang semut sering dijadikan salah satu bahan dasar untuk membuat obat herbal. Khasiatnya sudah banyak dikenal dan dibuktikan mampu mengobati berbagai penyakit dan dapat menambah kesehatan. Sarang semut papua adalah salah satu sarang semut yang banyak digunakan untuk pengobatan. Sarang semut papua memiliki bentuk yang tidak beraturan dan di dalamnya terdapat rongga-rongga, dimana rongga ini biasanya digunakan untuk meletakan telur dan cadangan makanan. Namun anda jangan berfikir bahwa sarang semut yang dimaksud sama dengan sarang semut yang sering dijumpai dan terbuat dari tanah. Sarang semut papua adalah tanaman yang memiliki bentuk tidak rata dan biasanya menempel pada tanaman yang lain.

Penyakit yang Dapat Diobati oleh Sarang Semut Papua

Sarang semut papua telah terkenal dengan khasiatnya yang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit tersebut antara lain adalah:

  1. Kanker dan tumor
  2. Penyakit Lupus
  3. Penyakit jantung koroner
  4. Wasir
  5. Stroke ringan maupun berat
  6. Gangguan pada ginjal
  7. Gangguan pada prostat
  8. Gangguan paru-paru
  9. Sakit kepala sebelah atau migrane
  10. Penyakit persendian dan rematik
  11. Meningkatkan ketahanan tubuh dan gairah seksual
  12. Melancarkan peredaran darah, dan
  13. Nyeri dan linu pada otot

Kandungan Sarang Semut Papua

Kemampuan sarang semut papua dalam menyembuhkan berbagai penyakit sebenarnya tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan sarang semut papua yang berupa senyawa aktif mampu melawan berbagai penyakit. Berikut adalah kandungan pada sarang semut papua:

  1. Flavonoid

Flavonoid memiliki peran dalam peningkatan efektivitas vitamin C di dalam tubuh. Selain itu, falvonoid juga telah diketahui dapat melindungi struktur dan bentuk sel di dalam tubuh, sebagai antibiotik, sebagai anti flamasi dan mampu mencegah pengeroposan tulang. Tak hanya itu saja, flavonoid merupakan sebuah senyawa yang dapat melemahkan berbagai virus yang masuk ke dalam tubuh, sehingga banyak sekali penyakit yang dapat dicegah dengan adanya flavonoid tersebut.

  1. Tannin

Tannin berfungsi dalam pengikatan protein dan kemudian mengendapkanya di dalam tubuh. Protein yang dimaksud adalah protein yang jumlahnya berlebih di dalam tubuh. Dengan adanya senyawa ini, penyakit wasir, diare, dan hemostatik dapat segera teratasi.

  1. Polifenol

Polifenol adalah salah satu senyawa yang berfungsi dalam menjaga kadar gula darah agar dalam keadaan normal. Oleh karena itu, polifenol harus wajib ada di dalam tubuh manusia. Kandungan yang sangat penting ini ternyata juga ada di dalam sarang semut papua, sehingga sarang semut papua dapat mengobati penyakit kencing manis.

Selain ketiga kandungan tersebut, sarang semut papua masih memiliki banyak kandungan lain yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, sarang semut papua dijadikan salah satu bahan untuk obat herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *